Jumat, 01 Oktober 2010

PQG

TATAKRAMA
MEMPELAJARI AL QURAN
MENURUT AL QURAN & AL HADITS



“Aku Berlindung Kepada Allah dari godaan Iblis – Syaitan yang terkutuk”
”Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. ”Tambahkanlah kepada kami PetunjukMu, Ya Allah”
A. MENGAPA HARUS MEMPELAJARI AL QURAN?
>> Manusia termulia adalah yang paling takwa.            
Manusia akan dimintai pertanggung jawaban
· Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki2 dan seorang perempuan dan menja-dikan kamu ber-bangsa2 dan ber-suku2 supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS.49:13)
· Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia mem-beri kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. (QS 16:78). Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempu-nyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya (QS 17:36) (QS. 75:36)
· Dan kalau Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikan kamu satu umat (saja), tetapi Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan. (QS 16:93) .
· (Ingatlah) suatu hari (ketika) tiap2 diri datang untuk membela dirinya sendiri dan bagi tiap2 diri disempurnakan (balasan) apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka tidak dianiaya (dirugikan) (QS 16:111)
· pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan (QS 24:24) 
· Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan (QS 36:65).
· Kamu sekali2 tidak dapat bersembunyi dari per-saksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu terhadapmu bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan (QS 41:22)
· Barang siapa yang berbuat sesuai dengan hida-yah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barang siapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul (QS 17:15) (QS 53:38-39)
>> Al Quran diturunkan sebagai pedoman manusia agar mulia tetapi kebanyakan tidak mau memahami sehingga menyesal
· Sesungguhnya telah kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab2 kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya? (QS.21:10)  
· Kitab yang dijelaskan ayat2nya, yakni bacaan da-lam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui, yang membawa berita gembira dan yang membawa pe-ringatan, tetapi kebanyakan mereka berpaling (daripadanya); maka mereka tidak (mau) mendeng-arkan. (QS 41:3-4)
· maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada. (QS.22:46)
· Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Qur'an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan) maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. (QS 43:36)
· Dan barangsiapa yang berpaling dari peringat-anKu, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta". Berkatalah ia: "Ya Rabbku, mengapa Engkau menghimpunkan aku da-lam keadaan buta, padahal aku dahulunya seorang yang melihat?". Allah berfirman: "Demikianlah, telah da-tang kepadamu ayat2 Kami, maka kamu melu-pakannya, dan begitu (pula) pada hari inipun ka-mu dilupakan". Dan demikanlah Kami memba-las orang yang melampaui batas dan tidak per-caya terhadap ayat2 Rabbnya. Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat&lebih kekal(QS.20:124-127).
· Dan mereka berteriak di dalam neraka itu: "Ya Rabb kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan". Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah ti-dak) datang kepada kamu pemberi peringatan? maka ra-sakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang2 yang zalim seorang penolongpun (QS.35:37),(QS4:18;63:10, dll)
>> Kita bisa mati kapan  saja. Segera  mohon ampun Segera menjadikan Al Quran sebagai pedoman
· Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang2 yang bertakwa, (QS 3:133).  mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan2, dan merekalah orang2 yang segera memperolehnya (QS 23:61).
· Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (QS.2:2), Al Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini. (QS 45:20)  .
· ....Al Qur'an itu bukanlah cerita yang di-buat2, akan te-tapi membenarkan (kitab2) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai pe-tunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman  (QS.12:111)
· Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat perten-tangan yang banyak di dalamnya. (QS 4:82)
· Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al-Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia ber-kata kepada manusia:"Hendaklah kamu menjadi pe-nyembah2ku bukan penyembah Allah". Akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang2 rab-bani,karena kamu selalu mengajarkan Al-Kitab&  disebabkan kamu tetap mempelajarinya. (QS.3:79)
B. TATAKRAMA MEMPELAJARI AL QURAN
>> Berniat Ingin Mendapat Ridha Allah
· Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba2Nya (QS.2:207)
· Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang2 yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang2 itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.(QS.5:16)
>> Gunakan Al Quran & Terjemahannya Sambil Terus Belajar Memahami Bahasa Arab (bukan hanya membaca)
· Kami tidak menurunkan Al-Qur'an ini kepadamu agar kamu menjadi susah, (QS.20:2),
· Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur' an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (QS 54:17, 22; 32; 40)
· Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana (QS 14:4)
· Alif, laam, raa. Ini adalah ayat2 kitab (Al Qur'an) yang nyata (dari Allah). Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur'an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya. (QS 12:1-2), (QS 41:3; 44:2; 24:46)
· Dan jika Kami jadikan Al Qur'an itu suatu bacaan dalam selain bahasa Arab tentulah mereka meng-atakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat2-nya ?". Apakah (patut Al Qur'an) dalam bahasa asing, sedang (rasul adalah orang) Arab? ..(QS 41:44)
· Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur' an itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al Qur'an itu kepa-da orang2 yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membang-kang (QS 19:97), (QS 44:58) (QS 20:123).
>> Sebelum Membaca Mohon Lindungan Allah Dari Iblis-Syaitan & Baca Basmallah Karena Allah
· Apabila kamu membaca Al Qur'an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk. (QS 16:98), (QS 7:16-17, 23:97-98);
· Bacalah,dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah (QS 96:3), (QS 6:12) (21:18)
>> Selama Membaca Selalu Mohon Bimbingan Allah
· Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar2nya, dan janganlah kamu ter-gesa2 membaca Al Qur'an sebelum disempurnakan mewahyukannya ke-padamu, dan katakanlah: "Ya Tuhanku, tambah-kanlah kepadaku ilmu pengetahuan" (QS 20:114), (QS 2:32, 2:186 dll)
>> Baca Di Hati, Fokuskan Pendengaran-Penglihatan -Akal Pada Ayat Yang Sedang Dibaca
· Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jaha-nam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempu-nyai hati, tetapi tidak digunakannya untuk mema-hami (ayat2Allah) dan mereka mempunyai mata (teta-pi) tidak digunakannya untuk melihat (tanda2 kekua-saan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) ti-dak digunakannya untuk mendengar (ayat2 Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka le-bih sesat lagi. Mereka itulah orang2 yang lalai (QS 7:179).
· Dan tidak ada seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepa-da orang2 yang tidak mempergunakan akalnya (QS 10:100)
>> Baca Pelan2-Tidak Mengeraskan Suara-Tidak Tergesa2/Cepat2 Ingin Paham
 > Allah Akan Menjelaskan
· atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur'an itu dengan perlahan-lahan (QS 73:4).
· Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang2 yang lalai (QS 7:205)
· Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Qur'an karena hendak cepat2 (menguasai) nya. Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya(di dada-mu) dan (membuatmu pandai) membacanya (QS 75:16-17).
· Sebenarnya, Al Qur'an itu adalah ayat2 yang nyata di dalam dada orang2 yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat2 Kami kecuali orang2 yang lalim. (QS 29:49)
· Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikut-ilah bacaannya itu. Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kamilah penjelasannya. (QS 75:18-19)
· Dan tatkala dia cukup dewasa, Kami berikan kepadanya hikmah dan ilmu. Demikianlah Kami memberi ba-lasan kepada orang2 yang berbuat baik (QS 12:22), (QS 28:12-14).
· Alif Laam Miim. Inilah ayat2 Al Qur'an yang meng-andung hikmah, menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang2 yang berbuat kebaikan (QS 31:1-3)
>> Gunakan Alat Tulis Untuk Mencatat
· Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis.(QS 54:53)
>> Praktekkan/Laksanakan Apa Yang Dibaca
· Hai orang2 yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar keben-cian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa2 yang tiada kamu kerjakan (QS 61:2-3).(QS 2:44)
>> Syiarkan Apa Yang Telah Dilaksanakan
· Sesungguhnya orang2 yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Al Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan api, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat dan tidak akan menyucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih.(QS 2:174), (QS  2:159).
· Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya ka-mu hanyalah orang yang memberi peringatan. Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka, (QS 88:21-22)
>> Bersyukur-Tobat -Kembalikan Semua Urusan Kepada Allah
· Kepunyaan Allah lah segala yang ada di langit dan di bumi; dan kepada Allah lah dikembalikan segala urusan (QS 3:109), (QS 2:210).
· Karena itu, ingatlah kamu kepadaKu niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.(QS 2:152); (QS 3:145, dll)
· maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima tobat.(QS 110:3, dll)
>> Lakukan Terus Menerus  Sesuai Kemampuan
· Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia ber-kata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi pe-nyembah2ku bukan penyembah Allah." Akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang2 rab-bani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya. (QS 3:79)
· Dan orang2 yang beriman dan mengerjakan amal2 yang saleh, Kami tidak memikulkan kewajiban kepada diri seseorang melainkan sekedar kesanggupannya, mereka itulah penghuni2 surga; mereka kekal di dalamnya (QS 7:42), (QS 17:84, 64:16, 39:39 dll)
HADITS
·  “Ingatlah ..! Saya meninggalkan bagimu Dua amanat yang berat dan penting yang satu ialah: Kitab Allah, Sebagai tali pegangan yang menuju kepada Allah. Barangsiapa yang mengabaikannya Pasti sesat” (Hadits riwayat Muslim)
· “Al Qur’an ialah Cahaya (penerangan) yang nyata dan peringatan yang bijaksana dan jalan yang lurus(Hadits riwayat Baihaqi).
· “Sebaik-baiknya kamu yaitu Orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya (Hadits riwayat Bukhari).
BROSUR/TULISAN LAINNYA
Brosur-brosur yang tersedia : (1) Tatakrama Mempelajari Al Quran Menurut Al Quran & Al Hadits, (2) Berbuat Baik Versi Allah, (3) Ujian Hidup Menurut Al Quran & Al Hadits, (4) Bertobat, (5) Bersyukur, (6) Bersabar (7) Syiar Menurut Al Quran & Al Hadits (8) Kematian & Kebangkitan Menurut Al Quran dan Al Hadits, dll. Untuk mendapatkannya silahkan hubungi: Paham Qur’ani (Melaksanakan Al Qur’an & Al Hadits), Brosur yang lainnya klik: snakesolid56@gmail.com / snake_solid56@yahoo.com

1 komentar: