Rabu, 27 Oktober 2010

hati takwa

  KEMATIAN &....
  KEBANGKITAN
MENURUT AL QURAN DAN AL HADITS


“Aku Berlindung Kepada Allah dari godaan Iblis – Syaitan yang terkutuk”
”Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. ”Tambahkanlah kepada kami PetunjukMu, Ya Allah”

Tiap Mahluk Berjiwa Merasakan Mati
· Tiap2 yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar2nya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. (QS. 21:35) Tiap2 yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan. (QS. 29:57) (QS.3:185)
· Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesung-guhnya pada yang demikian itu terdapat tanda2 kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. (QS. 39:42). Dan disempurnakan bagi tiap2 jiwa (balasan) apa yang telah dikerjakannya dan Dia lebih mengetahui apa yang mereka kerjakan. (QS. 39:70)
Perilaku Manusia menjelang Mati/ Hisab
· Wajah2(orang2 mukmin) pada hari itu berseri-seri. Kepada Tuhannyalah mereka melihat. Dan wa-jah2 (orang kafir) pada hari itu muram, mereka yakin bahwa akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang amat dahsyat. Sekali-kali jang-an. Apabila nafas (seseorang) telah (mendesak) sampai ke kerongkongan, dan dikatakan (kepadanya): " Siapa-kah yang dapat menyembuhkan?",dan dia yakin bahwa sesungguhnya itulah waktu perpisahan (dengan dunia), dan bertaut betis (kiri) dengan betis (kanan), kepada Tuhanmulah pada hari itu kamu dihalau. (QS.75:22-30)
· Ketika mereka melihat azab (pada hari kiamat) sudah dekat, muka orang2 kafir itu menjadi muram. Dan dikatakan (kepada mereka) inilah (azab) yang dahulunya kamu selalu meminta-mintanya. (QS.67:27). Maka Tuhan memelihara me-reka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati. Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera, (QS.76:11-12) (QS.3:106-107)
Allah Amat Cepat Hisabnya
· Pada hari ini tiap2 jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang diru-gikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya. (QS.40:17) agar Allah memberi pembalasan kepada tiap2 orang terhadap apa yang ia usahakan. Sesungguhnya Allah Maha cepat hisab-Nya.(QS 14:51, (QS 3:19; 5:4; 13:41).
Allah membangkitkan manusia dari mati
· Setelah itu Kami bangkitkan kamu sesudah ka-mu mati, supaya kamu bersyukur. ".(QS. 2:56).
· Hanya kepadaNyalah kamu semuanya akan kembali; sebagai janji yang benar daripada Allah, se-sungguhnya Allah menciptakan mahluk pada permulaannya kemudian mengulanginya (meng-hidupkannya) kembali (sesudah berbangkit), agar Dia memberi pembalasan kepada orang2 yang ber-iman dan yang mengerjakan amal saleh deng-an adil. Dan untuk orang2 kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan keka-firan mereka.(QS 10:4),(QS 2:243)
· Allah berfirman: "Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) ka-mu akan dibangkitkan (QS.7:25). Sesungguhnya pengembalian itu hanyalah dengan satu kali tiupan saja, maka dengan serta merta mereka hidup kembali di permukaan bumi(QS.79:13-14);(QS 17:104)
Kematian si jahat tidak sama dengan si amal saleh
· Apakah orang2 yang membuat kejahatan itu menyangka bahwa Kami akan menjadikan mereka seperti orang2 yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh, yaitu sama antara kehidupan dan kematian mereka? Amat buruklah apa yang mereka sangka itu. (QS.45:21)
Celakakah yang berbuat kejahatan
· Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jaha-nam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempu-nyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat2 Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk me-lihat (tanda2 kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat2 Allah). Mereka itu sebagai bina-tang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang2 yang lalai. (QS. 7:179)
· Adapun orang2 yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih). Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesung-guhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki. (QS.11:106-107)
· Katakanlah: "Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang2 yang lebih buruk pembalasan-nya dari (orang2 fasik) itu di sisi Allah, yaitu orang2 yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?" Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus. (QS.5:60),(QS 2:65). Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang mereka dilarang mengerjakannya, Kami katakan kepadanya: "Jadilah kamu kera yang hina(QS. 7:166). Dan me-reka berkata: "Apakah bila kami telah menjadi tulang belulang dan benda-benda yang hancur, apa benar-benarkah kami akan dibangkitkan kembali sebagai makhluk yang baru?" (QS.17:49) Katakanlah: "Jadilah kamu sekalian batu atau besi, (QS.17:50)
· Maka tatkala mereka merasakan azab Kami, tiba2 me-reka melarikan diri dari negerinya. Janganlah kamu lari ter-gesa2; kembalilah kamu kepada nikmat yang telah kamu rasakan dan kepada tempat2 kediamanmu (yang baik), supaya kamu ditanya. Mereka berkata: "Aduhai, celaka kami, sesungguhnya kami adalah orang2 yang zalim". Maka tetaplah demikian keluhan mereka, se-hingga Kami jadikan mereka sebagai tanaman yang telah dituai, yang tidak dapat hidup lagi. (QS. 21:12-15)
·  Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat2 Kami. Dan (ingatlah) hari (ke-tika) Kami kumpulkan dari tiap2 umat segolongan orang2 yang mendustakan ayat2 Kami, lalu mereka di-bagi2 (dalam kelompok2). Hingga apabila mereka datang,Allah berfirman: "Apakah kamu telah mendus-takan ayat2Ku, padahal ilmu kamu tidak meliputinya, atau apakah yang telah kamu kerjakan?" Dan jatuhlah perkataan (azab) atas mereka disebabkan kezaliman me-reka,maka mereka tidak dapat berkata(apa2) (QS. 27:82-85)
· Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duni-awi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka Jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. (QS.17:18)
· Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pen-cela,  yang mengumpulkan harta dan menghi-tung2nya, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya, sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar2 akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?  (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang2 yang panjang (QS. 104:1-9)
· Itulah balasan bagi mereka, karena sesung-guhnya mereka kafir kepada ayat2 Kami dan (karena mereka) berkata: "Apakah bila kami telah men-jadi tulang belulang dan benda2 yang hancur, apakah kami benar2 akan dibangkitkan kembali sebagai mahluk baru?" (QS.17:98) Dan apakah mereka tidak memper-hatikan bahwasanya Allah yang menciptakan lang-it dan bumi adalah kuasa (pula) menciptakan yang serupa dengan mereka, dan telah menetap-kan waktu yang tertentu bagi mereka yang tidak ada keraguan padanya? Maka orang2 zalim itu tidak menghendaki kecuali kekafiran. (QS.17:99)
· Sesungguhnya orang2 yang kafir, harta benda dan anak2 mereka, sedikitpun tidak dapat menolak (siksa) Allah dari mereka. Dan mereka itu adalah bahan bakar api neraka, (QS.3:10) 
· Maka jika kamu tidak dapat membuat (nya) dan pasti kamu tidak akan dapat membuat (nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya ma-nusia dan batu, yang disediakan bagi orang2 kafir. (QS. 2:24)
· Hai orang2 yang beriman, peliharalah dirimu dan kelu-argamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malai-kat2 yang kasar, yang keras, yang tidak men-durhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS.66:6),(QS 15:44; 17:8)
Beruntunglah yang beramal saleh
· Adapun orang2 yang berbahagia, maka tempat-nya di dalam surga mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus2nya. (QS.11:108)
· Ber-lomba2lah kamu kepada (mendapatkan) am-punan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang2 yang beriman kepada Allah dan Rasul2 Nya. Itulah karunia Allah, diberikanNya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (QS.57:21)
· Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dila-hirkan, dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali (QS. 19:15) Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepa-daku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali" (QS. 19:33)
· Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang2 yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) ma-ti; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya"(QS. 2:154). Janganlah kamu mengira bahwa orang2 yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhan-nya dengan mendapat rezeki. mereka dalam ke-adaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka, dan mereka bergi-rang hati terhadap orang2 yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka, bahwa tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Mereka bergirang hati dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah, dan bahwa Allah tidak me-nyia2kan pahala orang2 yang beriman(QS.3:169-171)
· Dan apakah orang yang sudah mati kemudian dia Kami hidupkan dan Kami berikan kepada-nya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah2 masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang se-kali2 tidak dapat keluar daripadanya? ...(QS.6:122)
· ..Dan orang2 yang gugur pada jalan Allah, Allah tidak akan me-nyia2kan amal mereka.Allah akan memberi pimpinan kepada mereka dan memperbaiki keadaan mereka, dan memasukkan mereka ke dalam surga yang telah diperkenalkan-Nya kepada mereka. (QS.47:4-6)
· Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul (Nya), mereka itu akan ber-sama2 dengan orang2 yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi2, para shid-diiqiin, orang2 yang mati syahid dan orang2 saleh. Dan mereka itulah teman yang se-baik2nya. (QS.4:69)
· Tetapi kamu menyangka bahwa Rasul dan orang2 mukmin tidak se-kali2 akan kembali ke-pada keluarga mereka se-lama2nya dan syai-tan telah menjadikan kamu memandang baik dalam hatimu persangkaan itu, dan kamu telah menyangka dengan sangkaan yang buruk dan kamu menjadi kaum yang binasa. (QS.48:12)
· Dan orang2 yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikit-pun dari pahala amal mereka. Tiap2 manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya. (QS.52:21)
· (Orang2 di atas A`raaf bertanya kepada penghuni nera-ka): "Itukah orang2 yang kamu telah bersumpah bahwa mereka tidak akan mendapat rahmat Allah?" (Kepada orang mukmin itu dikatakan): "Masuklah ke dalam surga, tidak ada kekhawatiran terhadapmu dan tidak (pula) kamu bersedih hati. (QS. 7:49). Se-sungguhnya orang2 yang bertakwa itu berada dalam surga (taman2) dan (di dekat) mataair2 air (yang meng-alir). Dikatakan kepada mereka): "Masuklah ke da-lamnya dengan sejahtera lagi aman". dan Ka-mi lenyapkan segala rasa dendam yang ber-ada dalam hati mereka, sedang mereka mera-sa bersaudara duduk ber-hadap2pan di atas dipan2.  Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan me-reka se-kali2 tidak akan dikeluarkan daripada-nya (QS.15:45-48). Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalam-nya kami tiada merasa lelah dan tiada pula me-rasa lesu". (QS. 35:35). Ingatlah, sesungguhnya *wa-li2 Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS.10:62). 
·  Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tu-hanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba2-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku.(QS.89:27-30)
Ada yang berada di tempat lain (Al A’raf)
· Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada batas; dan di atas A`raaf itu ada orang2 yang mengenal masing2 dari dua golongan itu dengan tanda2 mereka. Dan mereka menyeru penduduk surga:" Salaamun `alaikum". Mereka belum lagi memasukinya, sedang mereka ingin segera (memasukinya). (QS. 7:46)
· Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkaka-la itu sekali lagi, maka tiba2 mereka berdiri menunggu (putusannya masing2). (QS. 39:68)
· Bahwasanya orang2 yang telah ada untuk mereka ketetapan yang baik dari Kami, mereka itu dijauhkan dari neraka, (QS. 21:101)
Persiapan menghadapi sakaratul maut
· Beriman bahwa Allah yang akan mematikan dan membangkitkan (lihat QS 6:18; 61;73; dll)
· Segera mohon ampun /bertaubat atas semua kesalahan (lihat QS 3:133-134; 23:61; 2:37; 2:128; 159-160; 222; 279; 3:88-89; 4:16-18; dll)
· Segera hijrah melakukan perbaikan / berbuat baik  untuk mencari ridha Allah (QS 3:114; 4:17; 20:84; 21:90; 23:60-61;51:50; 62:9-10, 2:207; 5:16,dll),
· Selalu berorientasi memberikan manfaat se-banyak2nya sesuai kesanggupan kepada manusia dan alam semesta tanpa riya serta selalu menganjurkan hal itu sesuai kesanggupan (QS 107:1-7; 103:1-6), dll, di antaranya:
o berbuat baik kepada ibu-bapa, sesama manusia  serta tidak berbuat kerusakan(QS 4:36,7:56, dll)
o menafkahkan sebagian harta yang dimiliki karena ada hak orang miskin yang meminta dan yang tidak mendapatkan bangian (QS 51:19, dll)
· Selalu mohon perlindungan dari segala godaan syaitan / iblis sehingga tidak was2 dan tetap tenang/ tenteram / tidak terlalu gembira dan tidak pula terlalu sedih (7:201; 13:28; 57: 23, 89:27-30). Selalu membaca bas-mallah karena Allah setiap melakukan aktivitas (QS.96:1-4; 6:12; dll)
· Selalu menyadari bahwa selama hidup manu-sia selalu diuji (QS 2:233, 54:49, dll) dan selalu menya-dari bahwa semua yang ada di alam semesta termasuk adanya ujian hidup bukan hal yang sia2 (QS 3:190-191,dll),
· Selalu bersyukur (QS 2:152, 3:145, dll), sabar (QS 3:16-17, 120, 124-125; 146, 186, 200; 4:19, dll),  memaafkan ke-salahan orang lain (4:149; 5:13; 15:85; 45:14; 64:14; dll ), berusaha bermusyawarah(QS.2:233; 65:6, 3:159; 42:38)
·  Selalu mengembalikan semua urusan kepada Allah yang berarti selalu menggunakan penglihatan, pendengaran & akal untuk membaca-mempelajari-memahami-melaksanakan-mensyiarkan Al Quran  agar selalu berjalan pada jalan lurus, tidak tersesat dan tidak dimurkaiNya(QS 3:109, 2:210, 7:179; 10:100, 20:114;  2:32, 2:186 dll).
Hadits
(Mohon ditambahkan untuk melengkapinya)
Brosur/Tulisan Lainnya
Brosur-brosur lain yang tersedia : (1) Tatakrama Mempelajari Al Quran Menurut Al Quran & Al Hadits, (2) Berbuat Baik Versi Allah, (3) Ujian Hidup Menurut Al Quran & Al Hadits, (4) Bertobat, (5) Bersyukur, (6) Bersabar (7) Syiar Menurut Al Quran & Al Hadits (8) dll. Untuk mendapatkannya silahkan hubungi: Paham Qur’ani Tombo ati (Pqta) Gresik (Melaksanakan Al Qur’an & Al Hadits),Sekretariat: Jl Dr Wahidin SH No:999 Bengkel MR email : snakesolid56@gmail.com atau  FB : snake_solid_56@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar