Sabtu, 16 Oktober 2010

hati bening

BELAJAR ALQURAN YANG DIRIDHAI ALLAH
dengan METODA AYAT BIL AYAT

MARI KITA LIHAT AYAT YANG PERTAMA INI, APA SIH MAUNYA ALLAH YANG KITA LAKUKAN PADA SAAT KITA SEDANG MEMPELAJARI ALQURAN……??    DENGARKANLAH BAIK BAIK DAN PERHATIKANLAH DENGAN TENANG
 007:204 Dan apabila dibacakan Al Qur'an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat [591].
 DI AYAT INI PERINTAHNYA NGOBROL LAH DENGAN BAIK,  ATAUDENGARKANLAH BAIK BAIK…?
SELAIN DENGARKANLAH BAIK BAIK, DI AYAT INI PERINTAHNYA APA…?  LIHATLAH DENGAN TENANG ATAU PERHATIKANLAH DENGAN TENANG ?
 APA BEDANYA MELIHAT DENGAN MEMPERHATIKAN…?
INI CONTOHNYA…?  PAK BUDI SORE SORE NYIRAM KEMBANG, ADA SEPEDA MOTOR LEWAT, PAK BUDI MELIHAT
 PAK BUDI SORE SORE NYIRAM KEMBANG, ADA NENEK TUA RENTA ,JALANYA TERSEOK-SEOK LEWAT, PAK BUDI MEMPERHATIKAN… DAN MEMBANTU MEMAMAPAHNYA !
 APA BEDANYA MELIHAT DENGAN MEMPERHATIKAN..?
KALAU MELIHAT HANYA DENGAN MATA, TAPI KALAU MEMPERHATIKAN DENGAN MATA, HATI DAN PIKIRAN….JIKA INGIN MENDAPAT RIDHA ALLAH SETIAP AYAT HENDAKNYA TIDAK HANYA DIBACA DAN DILIHAT SAJA, AKAN TETAPI BETUL BETUL DIPERHATIKAN DENGAN MATA, HATI DAN PIKIRAN SERTA DIDENGAR BAIK BAIK  MELALUI PENDENGARAN DENGAN KHUSYUK….
 SEBAGAI CONTOH, MOHON DIPERHATIKAN AYAT INI :
 072:001 Katakanlah (hai Muhammad): "Telah diwahyukan kepadaku bahwasanya: sekumpulan jin telah mendengarkan (Al Qur'an), lalu mereka berkata: "Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Qur'an yang menakjubkan,
 DI AYAT INI, SIAPAKAH YANG MENGATAKAN ALQURAN MENAKJUBKAN ???
LALU DARI SIAPA KE SIAPA AYAT INI ???
KEMUDIAN SIAPAKAH YANG MENCERITAKAN JIN MENDENGAR ALQURAN ????
KEPADA SIAPA CERITA INI DICERITAKAN ????
 TUH…? BARU SATU AYAT SUDAH BERAPA MAHZAB TADI ??....ITULAH ASAL MU AWAL TIMBULNYA MAHZAB
 017:079 Dan pada sebagian malam hari, bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu tambahan ibadah bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.
 DI AYAT INI, PENTING NGGAK SHALAT TAHAJJUD ???? LALU MENDAPAT APASETELAH SHALAT TAHAJJUD ???
COBA BACA PERLAHAN LAHAN…DAPAT APA ? ULANG LAGI SAMPAI KLIK…HAYO DAPAT APA??
ULANG…ULANG LAGI…
NAH…? TERNYATA KALAU HANYA SHALAT TAHAJJUD SAJA, BARU MENDAPATMUDAH…MUUUUDAHAN…
 BERARTI PERINTAH ALLAH UNTUK MEMPERHATIKAN DENGAN TENANG,  TERBUKTI NGGAK… ? TRUS GEMANA NGAJI KITA SELAMA INI…? CEPET CEPETAN…MENGEJAR KHATAM ??
KIRA KIRA NGAJI KITA  YANG TANPA MEMPERHATIKAN SEPERTI INI, DIRIDHAI ALLAH NGGAK ??
 BARUSAN YANG IBU IBU BACA, BAHASA INDONESIA APA BAHASA ARAB ??? BAHASA KITA SENDIRI SAJA KITA TIDAK PAHAM, APALAGI BAHASA ARAB ???? GEMANA TUH…
 NAH ? ITULAH SYARAT PERTAMA MEMPELAJARI ALQURAN YANG DIRIDHAI ALLAH, YAITU MEMPERHATIKAN SETIAP AYAT DENGAN MATA, HATI, PIKIRAN DAN PENDENGARAN…..
  NAH SYARAT YANG KEDUA ADALAH TERTULIS
 054:053 Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalahtertulis.
 MARI KITA TULIS DENGAN SERIUS AYAT AYAT PENTING YANG MENJADI POIN POIN YANG KITA PELAJARI…DENGAN KITA MENULIS MELALUI TANGAN KITA, PADA HAKEKATNYA AYAT AYAT ITU SUDAH TERLEBIH DAHULU MERASUK KE HATI KITA UNTUK MEMUDAHKAN INGATAN KITA..
 YANG NULIS SAJA LUPA ?? APALAGI YANG TIDAK NULIS….
BANYAK ANAK ANAK KITA YANG BELAJAR NGAJI DI MASJID MASJID…TAPI SAYANGNYA TIDAK DIAJARIN NULIS OLEH GURU NGAJINYA…
 KALAU IBU IBU DENGAR KYAI CERAMAH, KYAI NYA SERIUS TAPI IBU IBUDENGARNYA DENGAN NGOBROL..? KIRA KIRA PULANGNYA DAPAT APA ??....EH SEBALIKNYA, IBU IBU DENGARNYA SERIUS, TAPI KYIAI NYA NGAWAK KEMANA MANA…? KIRA KIRA PULANGNYA DAPAT APA ???
 NAH, KALAU HARI INI… YANG PASTI IBU IBU DAPAT APA ??? DAPAT, …TUUU  TUUU, TULISAN…!!!! SEHINGGA IBU IBU LANGSUNG BISA SYIIAR KE SUAMI, ANAK, DAN KERABAT DENGAN TULISAN INI DAN AGAR DIBACA LANGSUNG QURANNYA….!!! KIRA KIRA BERUBAH GAK BUK TULISAN INI SAMPAI RUMAH ??? TAPI KALAU CERAMAH DAN APALAGI DENGARNYA SAMBIL NGOBROL, MUNGKIN GAK MALAHSALAH PAHAM KARENA DENGARNYA KURANG LENGKAP…???
 JADI, LEBIH AKURAT MANA TULISAN DENGAN OMONGAN…?
TUH, BAHAYANYA CERAMAH TANPA DITULIS…DAN SANGAT BESAR POTENSIKONFLIKNYA….AYO KITA TULIS UNTUK KITA PERTANGGUNG JAWABKAN DUNIA AKHERAT..
 NAH, SYARAT YANG KETIGA ADALAH : PAKAI AKAL…
 002:269 Allah menganugerahkan al hikmah (kepahaman yang dalam tentang Al Qur'an dan As Sunah)kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang dianugerahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).
 DI AYAT INI…YANG DIANUGERAHI KEPAHAMAN ALQURAN SIAPA ?? ORANG ARAB, ATAU YANG DIKEHENDAKI ???  PEMIMPIN PONDOK, APA YANG DIKEHENDAKI ??  ULAMA NGETOP ATAU YANG DIKEHENDAKI ?? LALU ORANG YANG MANA YANG DIKEHENDAKI ALLAH..? HAYO YANG MANA ?? YANG..YANG…YANG MANA…? YAITU ORANG ORANG YANG TAHU KEHENDAK ALLAH…
LALU YANG MANA KEHENDAK ALLAH UNTUK  BELAJAR ALQURAN HARI INI  ?? …HAYO YANG MANA…YANG TADIIIII, PERHATIKAN DENGAN TENANG, TULIS DENGAN SERIUS DAN PAKAI AKAL…
 010:100 Dan tidak ada seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakankemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.
 DI AYAT INI, JIKA KITA TIDAK PAKAI AKAL ? DIMURKAI NGGAK ?? NAH GEMANA CARANYA SUPAYA AKAL KITA BERGUNA SUPAYA GAK DIMURKAI ALLAH..? GEMANA HAYO… AGAR AKAL KITA BERFUNGSI BIAR TIDAK DIMURKAI ALLAH ?? AYO DIAPAIN AKALNYA..? DIAPAIN…?
BUK….EMPAT KALI EMPAT BERAPA ??
BUK…SEPULUH DIKURANGI LIMA ADA BERAPA ?
HAYO….? AKALNYA DIAPAIN…? DI…DI…DI…DITANYAAAAAAA OOOII ??
 MAKANYA DARI PAGI  SAMPAI SORE NANTI YANG ADA HANYA PERTANYAAN, AGAR AKAL KITA BEKERJA, SUPAYA ALLAH CABUT KEMURKAANNYA….
 BUK….IBUK PILIH YANG MANA ? DALAM HIDUP INI, PILIH YANG SUSAH APA YANG SULIT..?
HAYO, PILIH YANG SUSAH APA YANG SULIT…
NAH…PAKAI AKAL ITU NAMANYA….NAH KETIKA IBUK MENDENGAR PERTANYAAN BARUSAN, YAITU DISURUH MEMILIH YANG SAMA, SUSAH APA SULIT, KIRA KIRA YANG SALAH YANG NANYA APA YANG DENGAR… ?
 MAKANYA JANGAN PERCAYA DENGAN YANG DI DEPAN….KALAU NGAWUR,NGAWUR AJA, OKE ?
TRUS KITA HARI INI PERCAYA KEPADA SIAPA ? QURANNYA APA ORANGNYA ??  ALHAMDULILLAH….MARI KITA KEMBALI KE ALQURAN, BUKAN KE OKNUM YANG JELAS JELAS KITA BARU KENAL…
 KALAU PAKAI AKAL,  ALLAH MENURUNKAN ALQURAN UNTUK MANUSIA INI,  KIRA KIRA UNTUK MEMPERSULIT MANUSIA APA UNTUK MEMPERMUDAH…?  KITA LIHAT AYATNYA…
 045:020 Al Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.
 020:002 Kami tidak menurunkan Al Qur'an ini kepadamu agar kamu menjadi susah;
 054:017 Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?
 054:022 Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?
 054:032 Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?
 054:040 Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?
 AYAT INI KAN PERTANYAAN…JAWABANNYA MANA ??? ALLAH TAHU NGGAK KALAU IBU IBU TIDAK SERIUS MENJAWAB PERTANYAAN INI ??
ALLAH TAHU NGAK, KALAU IBU IBU MASIH TIDAK MEMPERHATIKAN BAHWA AYAT INI PERLU JAWABAN..?
 ALLAH SAJA MEMPERMUDAH…KENAPA MASIH ADA SAJA  OKNUM YANG MENGATAKAN BELAJAR ALQURAN HARUS MELALUI 70 BUKU, JIKA TIDAK INGIN TERSESAT…
MEMANG TERSESAT DAN TIDAK TERSESAT URUSAN SIAPA ??
 OKE…PAKAI AKAL LAGI… KALAU ALLAH MEMPERMUDAH SEMUA MANUSIA DALAM MEMPELAJARI ALQURAN…KIRA KIRA PENJELASANNYA HARUS DICARI DI NEGARA LAIN YANG PEMULUNG PASTI TIDAK MAMPU NAIK PESAWAT KESANA….? ATAUKAH ALLAH DIJELASKAN SENDIRI DI DALAM ALQURAN ??
 075:016 Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Qur'an karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya [1533].
075:017 Sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya.
075:018 Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu.
075:019 Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah penjelasannya.
 KALAU ALLAH MENJELASKAN SENDIRI KEPADA MANUSIA, APAKAH BERARTI ALLAH TURUN KE BUMI…? JIKA TIDAK SEPERTI ITU…? LALU BAGAIMANA CARA ALLAH UNTUK BERKATA KATA DENGAN MANUSIA…?
 042:051 Dan tidak mungkin bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau dibelakang tabir [1348] atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana.
 BERARTI JIKA ADA MANUSIA YANG SUKA MEMBACA SELAIN ALQURAN…? PASTILAH TIDAK  MUNGKIN DIAJAK NGOBROL OLEH ALLAH DONG….? BERARTI SEUMUR HIDUP GAK PERNAH MENDAPAT PENJELASAN DARI ALLAH DONG…??
 KALAU MEMANG ALLAH MENJELASKANNYA MELALUI ALQURAN, BERARTI ALQURAN ITU DITURUNKAN BESERTA PENJELASANNYA DONG…? YOK KITA LIHAT AYAT INI…
 002:185 (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
 KALAU ALLAH MENURUNKAN ALQURAN DISERTAI PENJELASANNYA,  BERARTI ALLAH MENURUNKAN ALQURAN PASTI DI DALAMNYA TERDAPAT AYAT AYAT YANG MENJELASKAN
 024:046 Sesungguhnya Kami telah menurunkan ayat-ayat yang menjelaskan. Dan Allah memimpin siapa yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.
 027:001 Thaa Siin [1091] (Surat) ini adalah ayat-ayat Al Qur'an, dan (ayat-ayat) Kitab yang menjelaskan,
 NAH SIAPA YANG MENJELASKAN… ALLAH ? APA SAYA…
 015:001 Alif, laam, raa. (Surat) ini adalah (sebagian dari) ayat-ayat Al-Kitab (yang sempurna), yaitu (ayat-ayat) Al Qur'an yang memberi penjelasan.
 044:002 Demi Kitab (Al Qur'an) yang menjelaskan,
 SIAPA YANG MENJELASKAN…? ALLAH, APA SAYA…?
 INILAH IBU IBU DAN BAPAK BAPAK, TIMBULNYA METODA AYAT BIL AYAT YANG MENJADI USUL FIQIH TERTINGGI DALAM MEMAHAMI ALQURAN YANG DIRIDHAI ALLAH…INILAH METODA PEMAHAMAN ALQURAN YANG TIDAK MENIMBULKAN PERPECAHAN…
 MAKA MARILAH KITA IKUTI SAJA AYAT ALLAH INI…JANGAN DIPERDEBATKAN…JANGAN DIJADIKAN OLOK OLOK…
007:003 Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya [528]. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya).
 010:109 Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu, dan bersabarlah hingga Allah memberi keputusan dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya.
 033:002 dan ikutilah apa yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
 040:056 Sesungguhhnya orang-orang yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka [1326] tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan akan) kebesaran yang mereka sekali-kali tiada akan mencapainya, maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
 045:009 Dan apabila dia mengetahui barang sedikit tentang ayat-ayat Kami, maka ayat-ayat itu dijadikan olok-olok. Merekalah [1383] yang memperoleh azab yang menghinakan.
 JANGAN DUSTAKAN AYAT AYAT ALLAH…AGAR KITA TIDAK CELAKA, TIDAK SEMPIT, TIDAK BINASA, DAN TIDAK KEKAL DI DALAM NERAKA
 041:041 Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari Al Qur'an ketika Al Qur'an itu datang kepada mereka, (mereka itu pasti akan celaka), dan sesungguhnya Al Qur'an itu adalah kitab yang mulia.
 020:124 Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta".
 007:182 Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui.
 007:036 Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, mereka itu penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
 JANGAN LAGI KITA MENAFSIRKAN AYAT AYAT ALLAH….MARI KITA IKUTI DENGAN CARA CARA ALLAH YANG SUDAH DIJELASKAN SECARA DETAIL DI DALAM ALQURAN…IKUTI SAJA, KARENA KITA SEMUA ORANG ORANG YANG BODOH
 033:072 Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat [1234] kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar